Tentang Rotary

Meski Sejarah Rotary International di Indonesia dimulai sejak tahun 1927, kegiatan Rotary terhenti dua kali. Pertama karena perang dunia kedua, dimulai tahun 1942 dan untuk kedua kalinya pada tanggal 23rd February 1961, ketika kegiatan Rotary dilarang oleh Pemerintahan Presiden Sukarno. Dibawah ini ringkasan kronologis sejak awal dimulainya Rotary di Indonesia hingga menjadi District D3400 saat ini.

The First Rotary Period – April 1930 to 1946.

Periode pertama kegiatan Rotary di Indonesia dimulai dengan terbentuknya Rotary Club yang pertama yaitu Rotary Club Yogyakarta. Lima Club di chartered sebelum ke enam Club tersebut di masukan dalam satu district yang dikenal sebagai Provisional District C-Rotary International pada bulan April tahun 1930.
Dalam 4 tahun berikutnya, terbentuk (chartered) enam Club baru. Rotary International, pusat di Chicago USA kemudian menetapkan Provisional District C menjadi District yang resmi, dan dikenal sebagai Rotary International District 79, Indonesia pada tanggal 1 Juli tahun 1934. Jumlah Club berkembang menjadi delapan belas, dua tahun kemudian pada saat Rotary International District 79 diubah menjadi Rotary International District 45 pada tanggal 1 July tahun 1936. ketika perang dunia kedua berkobar, Indonesia sudah mempunyai dua puluh enam Club dan 819 anggota. Rotary di Indonesia tidak menjalankan aktivitas ditahun 1942 hingga tahun 1946.

The Second Rotary Period – 1946 to 1961.

Periode kedua dimulai setelah perang dunia kedua, Rotarians yang selamat dari perang, menghidupkan kembali kegiatan Rotary International District 45 sejak dari awal lagi.
Rotary Club yang pertama di bentuk di periode kedua ini adalah Rotary Club Bandung ditahun 1946 dengan jumlah anggota sebanyak empat puluh dua orang. Rotary clubs di Indonesia bertumbuh menjadi tiga belas sebelum District 45 diubah menjadi Rotary International District 389 pada tanggal 1 Jul1 tahun 1957.
Empat Club bertambah, sebelum perkembangan dan kegiatan Rotary di Indonesia terhenti kembali karena pada tanggal 23 Februari tahun 1961, pemerintah dibawah pimpinan President Soekarno melarang kegiatan Rotary di Indonesia. Pada saat itu Rotary International District 389 mempunyai tujuh belas Rotary Club dengan lima ratus lima puluh tiga anggota.

The Third Rotary Period – 1966 to 1991 until today.

Periode ketiga, di jaman orde baru dibawah pimpinan President Soeharto in 1965 membawa harapan dan optimisme baru di Indonesia. Ditahun 1996, sejumlah Rotarian dibawah Panji Rotary, memulai usaha agar Rotary dapat diterima dan diijinkan melaksanakan kegiatan oleh pemerintahan dibawah pimpinan Presiden Suharto. Usaha ini berhasil ketika negara secara resmi menerima keberadaan Rotary, melalui Surat No. 45 Tambahan Berita Negara Republik Indonesia tertanggal 5 Juni tahun 1970, Keputusan Menteri Kehakiman tertanggal 20 Mei tahun 1970 No. J.A. 5/70/9, dinyatakan sah berdasarkan hukum keberadaan Rotary in Indonesia, dengan nama “Perkumpulan Rotary Indonesia”. Club pertama yang di bentuk pada periode ini adalah Rotary Club Jakarta pada tanggal 7 Desember tahun 1970.
Selanjutnya kita alami perkembangan pesat dari pertumbuhan Rotary Club di dunia dan juga di Indonesia. District ini mempunyai lima puluh lima Rotary Club ketika di ubah menjadi Rotary International District 3400 pada tanggal 1 Juli tahun 1991.

APA ITU ROTARY CLUB?

Banyak orang menyebut Rotary Club sebagai Charity Organization atau bahkan Social Organization. Ini tidak salah, tetapi juga tidak sepenuhnya tepat. Rotary Club adalah Service Organization atau Organisasi Pelayanan, juga disebut Organisasi Pengabdian. Dasar penerimaan anggota Rotary Club adalah Classification ( Klasifikasi ): pekerjaan utama yang dijalani oleh Rotarian pemegang klasifikasi tersebut. Klasifikasi ini menjadi dasar pelayanan Rotarian tersebut di Rotary Club. Dengan demikian, masing-masing Rotary Club memiliki berbagai program kegiatan yang saling berbeda-beda, sesuai dengan klasifikasi anggota club tersebut.

Jadi secara singkat, Rotary Club merupakan club pelayanan, di mana anggota club bisa memanfaatkan klasifikasi yang dimilikinya sebagai sarana untuk melayani masyarakat.

Di dalam pelaksanaan kegiatannya, Rotary Club juga banyak melaksanakan kegiatan yang bersifat charity atau social, seperti bakti sosial, pembagian sembako, donor darah, dan lain sebagainya. Namun inti kegiatan kemanusiaan Rotary Club adalah Service atau pelayanan kemanusiaan.

SIAPA SAJA YANG BISA MENJADI ANGGOTA ROTARY CLUB?

Untuk menjadi anggota Rotary Club tidak dibeda-bedakan latar belakangnya baik secara agama, aliran politik, ekonomi, rasial dan budaya, dan lain sebagainya. Yang membedakan hanya satu: Klasifikasi.

Setiap profesional atau pengusaha, sebagai dasar penentuan klasifikasinya, bisa menjadi anggota Rotary Club atas undangan anggota Rotary Club ybs. Tentu saja ada beberapa syarat untuk bisa dicalonkan, antara lain reputasi dan kesediaan untuk berbuat baik pada orang lain. Di samping itu pekerjaannya bermanfaat bagi orang lain, dan tidak memberikan citra negatif dan berpotensi merugikan masyarakat.

APA TUJUAN ROTARY?

Tujuan utama berdirinya Rotary Club sejak awal berdirinya tahun 1905 adalah silaturahmi atau pertemanan, membangun dan mengembangkan persahabatan antar anggota yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda dan dari klasifikasi yang berbeda-beda pula, atau Camaraderi.

Persahabatan ini dibangun melalui pertemuan rutin mingguan yang disebut Fellowship Meeting, dengan berbagai acara menarik yang dibangun oleh Sergeant-at-Arms dan dengan penampilan berbagai Joke of the Day yang segar, serta acara Sunshine Box, yang di dunia barat lebih dikenal sebagai Happy Dollars, sebagai sarana untuk berbagi kebahagiaan antar anggota. Pertemuan mingguan Rotary adalah pertemuan silaturahmi, bukan business meeting yang bersifat formal tradisional, atau serius dan menegangkan, tetapi pertemuan yang penuh gelak tawa dan canda para anggota, yang bisa membangun rasa handarbeni dan kangen akan clubnya.

Silaturahmi juga dibangun di antara anggota baru dengan anggota lama, melalui acara yang di dunia barat disebut Fireside Meeting, atau pertemuan di samping perapian, dalam istilah lokal disebut, Pertemuan Ramah Tamah. Pertemuan ini adalah pertemuan silaturahmi antara keluarga Rotarian senior dengan keluarga Rotarian yang baru dilantik, dengan tujuan utama mengakrabkan keluarga Rotarian baru dalam keluarga Rotary, sekaligus sebagai ajang bagi Rotarian senior untuk berbagi pemahaman mengenai seluk beluk Rotary. Dari sini, anggota baru akan merasa lekas diterima sebagai keluarga besar Rotary, dan tidak merasa terasing di dalam karya pelayanan Rotary.

Di dalam persahabatan inilah, dibangun karya-karya Rotary yang disesuaikan dengan klasifikasi anggota Rotary Clubnya. Makanya tidak heran bila kita perhatikan bahwa masing-masing club di setiap daerah memiliki program atau kegiatan yang berbeda-beda. Dan inilah tujuan yang ke dua: SERVICE thru classification. Maka RC Semarang Sentral memiliki program epilepsi, karena memiliki anggota dengan klasifikasi dokter bedah otak, juga memiliki program jamban sehat karena memiliki anggota yang ahli di bidang jamban sehat ini, dan masih banyak lagi program pelayanan dan pengabdian yang di lakukan oleh RC Semarang Sentral.

BAGAIMANA PENDANAAN ANGGOTA UNTUK KEGIATAN ROTARY CLUB?

Dana untuk Kegiatan rutin Club.

Rotary Club merupakan organisasi yang mandiri dan memiliki kebijakan keuangannya sendiri. Namun sebagai anggota Rotary International, setiap club memiliki kewajiban financial terhadap Rotary International dan representatif Rotary International, yaitu District 3420 di Indonesia.

Iuran ke Rotary International dibutuhkan untuk membiayai kegiatan operasional secretariat organisasi Rotary International, dan membiayai perjalanan, pelatihan serta kegiatan Governor District 3420 yang sedang menjabat. Sedangkan iuran ke District 3420 dibutuhkan oleh District untuk membiayai berbagai biaya kegiatan district dan Governor district 3420 yang tidak termasuk dibiayai oleh Rotary International tetapi harus dilakukan sebagai bagian dari tugasnya sebagai Governor.

Kewajiban Rotary Club ke Rotary International dan District 3420 ditentukan berdasarkan jumlah anggota Rotary Club yang terdaftar di Rotary International pada semester sebelumnya, sesuai dengan data yang terdapat di dalam Summary of Club Plans and Objectives dan tagihan dari Rotary International.

Di samping iuran ke Rotary International dan District 3420 tersebut di atas, Rotary Club membutuhkan sejumlah dana untuk membiayai kegiatan rutin club, seperti penerbitan bulletin club, surat menyurat, secretariat, dan lain sebagainya.

Dari perhitungan jumlah total dana yang harus dikeluarkan club ke Rotary International dan District 3420 plus biaya kegiatan operasional club itulah ditentukan angka kebutuhan club untuk dibagi rata di antara para anggotanya, sehingga muncullah angka iuran club yang harus dibayar anggotanya.

Dari sinilah terdapat variasi iuran club yang berbeda-beda antara satu Rotary Club dengan Rotary Club lainnya.

Dana untuk Program Kemanusiaan Club.

Di samping biaya untuk kebutuhan operasional Rotary Club, Rotary Club juga memerlukan dana untuk membiayai program-program dan proyek-proyek kemanusiaannya.

Dana yang diperlukan untuk program atau proyek Rotary Club bisa diperoleh dari Rotary Club itu sendiri, melalui kegiatan yang disebut Sunshine Box atau Happy Dollar, atau melalui kegiatan fundraiusing yang khusus diadakan untuk program atau proyek tersebut.

Di samping itu, dana bisa juga berasal dari Partner-in-Service, seperti donator perorangan, pemerintah daerah setempat, atau organisasi lain atau perusahaan dalam rangka CSR.

Dana bisa juga berasal dari sponsor Rotary Club lain, baik setempat, dari daerah lain atau district atau Negara lain.

Dana bisa juga berasal dari District 3420, misal dari dana abadi District 3420 atau dari DDF District 3420, dan bisa juga berasal dari dana sumbangan atau DDF dari District lain di Negara lain, seperti Korea, Jepang, Belanda, dll.

Dan tentu saja tak bisa dilupakan, dana bisa juga berasal dari The Rotary Foundation, baik dalam bentuk District Simplified Grants, atau dalam bentuk Global Grants, atau bentuk dana hibah lainnya.

Satu hal yang perlu dipahami di sini, bahwa semua atau sebagian besar dana ini berasal dari anggota Rotary sendiri, yaitu kita sendiri. Semua sumbangan yang telah dan pernah kita berikan melalui The Rotary Foundation, akan kembali kepada masyarakat kita, dalam jumlah yang berlipat, dibandingkan bila kita menyumbangkan dana kita langsung ke pada masyarakat.

Dengan perkataan lain, sumbangan kita, anggota Rotary Club, ke The Rotary Foundation memberikan kontribusi yang sangat signifikan bagi Rotary Club kita untuk merancang dan mengembangkan proyek-proyek besar yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan kita.

APA SAJA PROGRAM KEGIATAN ROTARY CLUB?

Satu hal yang istimewa dari Rotary Club adalah bahwa keanggotaan club berdasarkan klasifikasi yang berbeda-beda dan ini memberikan kesempatan pada setiap anggota untuk membangun dan mengembangkan berbagai proyek dan program club yang sangat luas dan tidak terbatas.

Namun demikian, secara ringkas dapat disimpulkan bahwa program Rotary Club dapat dibagi menjadi 6 bagian, yaitu Pengentasan Kemiskinan ( Poverty Evaluation ), Pendidikan ( Education ), Kesehatan ( Health ), dan Air Bersih ( Clean Water ), Pemeliharaan lingkungan hidup ( Environtment ), dan Pengembangan Generasi Muda ( Youth ).

Setiap bagian program besar ini bisa dipecah-pecah menjadi begitu banyak proyek yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti misal, program kesehatan, bisa direalisasikan dalam program: IVA Test, Operasi Ameloblastoma, Pemeriksaan Cataract, Operasi Hydrocephallus, Thallasemia Prevention, Donor Darah, Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis, Bantuan operasi jantung pada anak, dan lain sebagainya.

Namun, secara garis besar, semua kegiatan ini menuju pada dua aspek besar kehidupan manusia, yang menjadi tujuan utama karya pelayanan Rotay Club di seluruh dunia, yaitu membantu masyarakat memberikan:

1. Kehidupan yang lebih baik ( Better Life ).
2. Masa depan yang lebih baik ( Better Future ).

Inilah sebenarnya hakekat karya pelayanan anggota Rotary !.

DI MANA LETAK KEKUATAN UTAMA ROTARY CLUB?

Kekuatan utama Rotary Club di dalam karya pelayanannya kepada masyarakat adalah di MEMBERSHIP atau keanggotaan. Dengan klasifikasi anggota yang berbeda-beda, kita semua dipersatukan dalam satu misi yang sama: berbuat baik kepada sesama, memberikan kehidupan yang lebih baik, dan memberikan masa depan yang lebih baik pada mereka yang membutuhkan.

Dari sini bisa dipahami pentingnya mengajak anggota masyarakat yang memiliki profesi untuk bergabung menjadi anggota Rotary Club. Tidak sekedar membangun akses persahabatan dan silahturahmi, tetapi yang paling penting adalah membangun akses karya pelayanan yang semakin luas dan semakin lengkap. Semakin banyak anggota, Rotary Club akan bisa berbuat lebih banyak lagi; semakin banyak klasifikasi yang berbeda, Rotary Club akan bisa mengembangkan lebih banyak lagi program kemanusiaan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Namun semua itu hanya bisa dilaksanakan di atas bangunan silaturahmi atau persahabatan, inti berdirinya Rotary Club di dunia. Dengan bersaing kita akan saling menghancurkan, dengan bertengkar kita akan saling meniadakan, namun dengan bersilaturahmi, dengan bekerja sama, kita akan saling membantu, saling mendukung, bekerja sama dengan jiwa Service Above Self dan semangat He Profits Most Who Serves Best demi tercapainya Hidup yang lebih Baik dan Masa Depan yang lebih Baik.

BAGAIMANA PERKEMBANGAN ROTARY MASA KINI?

Di seluruh dunia, terdapat sekitar 536 district dengan jumlah sekitar 33,000 Rotary Club yang memiliki anggota sekitar 1,200,000 Rotarian. Dengan jumlah penduduk sekitar 7 milyard, maka jumlah Rotarian yang kurang dari 0,2 % di seluruh dunia tentu saja masih sangat kurang.

Di Indonesia, kabar terakhir dari DG Al Purwa, terdapat 85 atau 86 Rotary Club dengan jumlah anggota 1,664 Rotarian. Dengan jumlah penduduk sekitar 270 juta, maka sekali lagi kita melihat bahwa jumlah Rotarian di Indonesia yang hanya sekitar 0,15 % dari jumlah penduduk tentu amat sangat kurang.

Itulah pentingnya kita semua mengajak rekan sahabat saudara partner kerja untuk bergabung di Rotary Club !.

APA YANG MENGIKAT KEBERSAMAAN KITA DI ROTARY?

Sungguh membanggakan bahwa kita memiliki satu pengikat yang menjadi sumber inspirasi bagi kehidupan kita sebagai anggota Rotary atau Rotarian, yaitu THE FOUR-WAY TEST, yang berbunyi :

1. Apakah Hal Itu Benar?.
2. Apakah Hal Itu Adil?.
3. Apakah Hal Itu Membawa Hikmah Bagi Persahabatn?.
4. Apakah Hal Itu Bermanfaat Bagi Semuanya?.

Ini bukanlah sarana atau senjata untuk kita menghakimi orang lain atau sesama anggota Rotary, melainkan sebagai satu kunci untuk memasuki diri kita sendiri, nurani kita sendiri, dan bertanya pada diri kita sendiri mengenai apa yang akan kita pikirkan, apa yang akan kita katakan dan apa yang akan kita lakukan.

Sebagai satu kutipan yang paling banyak dikutip di dunia, uji nurani ini langsung membuka isi hati kita yang terdalam dan memberikan pemahaman yang paling tepat mengenai arti KEBAIKAN: berpikir baik, berkata baik, dan berbuat baik, satu langkah strategis yang memberikan jalan kepada kita untuk berbagi kebaikan bagi sesama.

Secara ringkas, ke empat uji nurani ini terangkum dalam 4 kata singkat yang berbunyi: TRUTH ( benar ), FAIRNESS ( adil ), FRIENDSHIP ( membangun persahabatan ), dan GOODWILL ( saling menguntungkan ).

Inilah bangunan dasar karya kemanusiaan Rotarian di Rotary Club.

APA INTI KEBERADAAN KITA DI ROTARY?

Keberadaan kita sebagai anggota Rotary, selain membangun persahabatan dengan sesama anggota di seluruh dunia, adalah membantu merealisasikan impian anak manusia di seluruh dunia, membangun kehidupan yang lebih baik dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik, bagi masyarakat kita, terutama generasi muda kita kepada siapa kita mempertaruhkan nasib kehidupan di dunia ini di masa yang akan datang.

Apakah New Generations itu?
New Generations itu adalah generasi termuda dari keluarga Rotary. Banyak adalah peserta Programs kepemudaan dan ABG nya Rotary: Interact, Rotaract, RYLA (Rotary Youth Leadership Awards) dan Rotary Youth Exchange, yang lainnya adalah anak-anak muda yang memiliki pemikiran pengabdian, yang ikut serta dalam aktivitas club atau district.

Past RI President Luis Vicente Giay mengatakan (1996 convention): Visi kita untuk masa depan, sekarang dan selamanya, adalah perbedaan antara sukses dan kegagalan. New Generations adalah investasi kita dimasa depan. Marilah kita membangun masa depan hari ini.

New Generations Service, sudah menjadi Service Avenue Rotary yang ke lima sejak 2010: New Generations Service melihat adanya perubahan positive yang dilakukan oleh pemuda dan anak-anak muda dewasa melalui aktivitas pembangunan kepemimpinan, keikutsertaan didalam masyarakat dan project-project International, program-program pertukaran yang memperkaya dan mengembangkan perdamaian dunia serta pengertian kebudayaan.

Semua Rotary Club seharusnya komitmen ikut serta dalam mengikutsertakan pemuda dan anak-anak muda dewasa dalam project project Vocational, Community dan International Service dan menyiapkan programs serta bahan-bahan untuk memberikan mereka support.

CLUB COMMITTE:
Yakinkan kelanggengan dalam NEW GENERATIONS service melalui Club leadership Plan. Masukkan supports untuk New Generations kedalam komite yang ada, atau buatlah Komite baru dengan judul New Generations Komite. Berikan tugas kepada anggota Komite untuk membuat rencana jangka panjang untuk Service Avenue ini.
“Walk the talk” and through actions show that, this time, it is not just fine words. As Michael McQueen said in New Orleans: “Young generations doesn’t care about what you say – until they know how much you care”.

It is likely that in 1905 when Paul Harris founded our organizations there were older generations with ideas and judgments about how it “should be” and what he “ought to do”. Starting up “fresh” these opinions had little impact on Paul Harris.

In business, dealing with sales, we say: “Ask the customers what they want – and then give it to them.” Accordingly it is important to interact and ask what the “New Generations” want, The challenge for the traditional Rotarians will be that once we have asked the “New Generations”, we will have to be tolerant and allow them to test.

Rotarians:

  1. Invest your time and efforts to New Generations.
  2. Each club must have a committee for the NG.
  3. Hilangkan kebiasaan masa lalu yang berkata dulu kita lakukan secara begitu dan tempuhlah itu, NG akan bilang itu kuno, ini lo caranya untuk komunikasi dengan kami: Facebook, Twitter, BBM, Linkedin dan semua yang serba instant, sebab itulah dunia NG sekarang.
  4. Mereka tidak peduli apa yang Anda katakan, wake up, mereka akan bereaksi kapan mereka tahu bahwa Anda benar-benar care kepada mereka.
  5. Clubs yang tidak mampu membantu dan memupuk semangat New Generations, akan menjadi tua tidak bersemangat dan hilang ditelan waktu. Act fast dan act now. Bimbing mereka.

New Generations dan Avenues of Services:

Rotarians sudah lama berkecimpung dan komitmen untuk melayani pemuda dan anak muda dimasyarakatnya. Dan Strategic plan Rotary International mengharapkan bahwa semua clubs didunia untuk melakukan aktivitas yang seimbang diantara kelima services of Avenue, tetapi banyak yang hanya lakukan satu atau dua avenues saja.
New Generations Service Avenue, menyatakan pekerjaan Rotarians yang luar biasa dalam membina pemuda dan anak muda sambil mengajak clubs mereka untuk mengembangkannya lebih jauh. Dia juga mengembangkan idea-idea lebih jauh bahwa: Setiap Rotarian berkewajiban untuk membantu perkembangan pribadi dan profesi sukses anak muda sambil mengenali keragaman kebutuhan mereka.

Apakah Anda sudah menyertakan diri atau club Anda pada New Generations:
Perluas aktivitas New Generations Anda yang saat ini.Bila club Anda sudah bekerja dengan sebuah SMA dengan program mentoring, cobalah untuk memulai dengan sebuah Interact club disana. Bila club Anda sudah mensponsori sebuah Interact Club antara umur anak-anak 14-18 tahun, cobalah untuk mensponsori sebuah club dengan umur anak-anak sekitar 12-14 tahun.

New Generations dan Membership:
Mencapai aktivitas New Generations adalah sebuah komitmen untuk Rotary Club Anda di masa mendatang. Clubs yang membangun hubungan akrab dengan pemuda di masyarakatnya menyamai members masa mendatang, dan akan di remajakan oleh energy mereka dan ada banyak potensi yang dimiliki oleh anak-anak muda.
Promosikan idea-idea Rotary melalui Vocational dan Community Service projects yang mentargetkan anak-anak muda, seperti misalnya hari-hari karir dan program-program mentoring.
Di beberapa masyarakat dunia, mereka mencharter New Generations Rotary Club untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak muda sebagai pilihan lain dari clubs yang ada. Clubs-club ini bisa menjadi alat yang berharga untuk menarik anak-anak muda untuk menjadi Rotarian, atau bergabung dengan Rotary.

Rotary Youth Programs bisa menjadi permulaan benang merah sepanjang hidup dalam pengabdian dalam Rotary, tetapi sangat penting untuk diingat bahwa peserta [peserta programs sudah membuat sumbangan yang sangat berarti bagi masyarakat dan secara International. Ciptakan hubungan yang kuat dengan para peserta Youth Programs, bukan hanya untuk investasi jangka panjang di New Generations namun juga mendorong pengabdian mereka dan memperkaya club Anda – hari ini.

Mempromosikan Pengabdian New Generations kepada Rotarians:
Ada beberapa cara untuk mempromosikan New Generations Service kepada members Rotary Clubs:

  1. Masukkan hal-hal tentang New Generations ke dalam bulletin club.
  2. Berbagi tentang detail projek-projek tentang New Generations dalam Website dari club Anda dan melalui komunikasi sosial Anda.
  3. Masukkan berita dalam surat kabar lokal berita tentang Interact dan Rotaract Projects dan berbagi ceriteranya dengan Rotarians.
  4. Memberikan penghargaan kepada Rotarians yang memberikan banyak perhatian kepada New Generations.

Mempromosikan Rotary kepada pemuda-pemudi di masyarakat Anda:

Proyek di level Rotary Club misalnya programs Mentoring, Career Days, dan kontest essay karang mengarang tentang New Generations sambil mempromosikan Rotary dan idealismenya terhadap kaum muda dalam masyarakat Anda. Aktivitas lainnya bisa saja termasuk:

  1. Memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang mencontoh ide-ide pengabdian Rotary dengan cara memberikan mereka beasiswa.
  2. Mengajak anak-anak muda di masyarakat Anda untuk ikut berusaha menggali dana untuk kepentingan anak-anak muda dimasyarakat Anda atau di International.
  3. Membantu anak-anak muda melalui proyek-proyek community services seperti misalnya menyumbangkan buku-buku dan dictionary kepada perpustakaan sekolah.

Saling – Promosikan New Generations Programs:

Sangat penting untuk mencapai anak-anak muda di masyarakat Anda yang sudah pernah ikut serta dalam aktivitas Rotary.Tetap ajak mereka untuk ikut serta dengan berbagai cara:

  1. Perkenalkan Interators kepada Rotaract clubs dan berikan kesempatan untuk ikut Rotary Youth Exchange.
  2. Mengundang Rotaractors untuk ikut serta menjadi pemimpin pada RYLA.
  3. Menasihati Youth Exchange Students untuk memulai sebuah Interact atau Rotaract Club setelah mereka kembali ke daerah masing-masing.
  4. Memberikan sponsor untuk Interactors atau YEP untuk mengikuti District RYLA.
  5. Menyarankan Rotaractors untuk memberi mentoring kepada Interactors atau bekerjasama dengan Interact Club pada Service Projects.

The Rotary Foundation juga membantu New Generations. TRF memberikan program pendidikan seperti misalnya Rotary Peace Fellowship, memberikan dana-dana grants untuk beasiswa dan proyek pengabdian yang ditujukan oleh dan atau berguna untuk anak-anak muda.

Perhatikan New Generations Month:
Rayakanlah Bulan New Generations pada September dengan cara memberikan perhatian kepada anak-anak muda yang berprestasi luar biasa dimasyarakat Anda atau kepada para peserta Rotary Youth Programs. Berikan perhatian kepada aktivitas Interact dan Rotaract Anda pada pertemuan-pertemuan club, undang mereka untuk bicara mengenai programs mereka yang sedang berjalan dan projects yang akan datang yang memberikan kegunaan untuk anak-anak muda.

New Generations dan proyek-proyek pengabdian:
Mengikut sertakan pemuda dan anak-anak muda di dalam proyek-proyek pengabdian di masyarakat adalah salah satu cara supaya club Anda aktif di New Generations Service. Anak-anak muda mengabdi di masyarakat mereka setiap hari melalui proyek-proyek misalnya:

  1. Menggali dana untuk mengenyahkan Polio.
  2. Membantu orang-orang usia lanjut.
  3. Membantu kebersihan lingkungan tetangga dan proyek lainnya.
  4. Mengumpulkan makanan untuk organisasi anti kelaparan.
  5. Bekerja dengan organisasi-organisasi yang membuat pemantapan karir.
  6. Kampanye anti HIV/AIDS di sekolah-sekolah dan universitas.
  7. Membersihkan dan memperbaiki sepeda untuk disumbangkan kepada anak-anak miskin.
  8. Mengunjungi sekolah-sekolah SD untuk bicara mengenai skil membuat keputusan.
  9. Mengumpulkan masyarakat untuk membersihkan sungai dan danau.

FOCUS #5. Pendidikan Dasar dan Melek Huruf (Basic Eduction and Literacy)

Enam puluh tujuh juta anak di seluruh dunia tidak memiliki akses ke pendidikan dan lebih dari 775 juta orang di atas usia 15 yang buta huruf. Tujuan kami adalah untuk memperkuat kapasitas masyarakat untuk mendukung pendidikan dasar dan melek huruf, mengurangi disparitas gender dalam pendidikan, dan meningkatkan keaksaraan orang dewasa. Informasi lebih lanjut.
FOCUS #2. Pencegahan dan Pengobatan Penyakit (Disease Prevention and Treatment)

Lebih dari 100 juta orang terdorong ke dalam kemiskinan setiap tahun karena biaya medis. Kami bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas akses ke pengobatan murah dan pelayanan kesehatan gratis di daerah tertinggal. Anggota kami mendidik dan memobilisasi masyarakat untuk membantu mencegah penyebaran penyakit utama seperti polio, HIV/ AIDS, dan malaria. Banyak proyek-proyek kami memfasilitasi pelatihan medis ke masyarakat dimana mereka tinggal. Informasi lebih lanjut.
FOCUS #6. Pembangunan Ekonomi dan Masyarakat (Economic and Community Development)

Hampir 1,4 miliar orang hidup dengan penghasilan kurang dari $ 1,25 per hari. Kami melaksanakan proyek-proyek layanan yang meningkatkan pembangunan ekonomi dan masyarakat dan mengembangkan peluang untuk pekerjaan yang layak dan produktif bagi muda dan tua. Kami juga membantu memperkuat pengusaha lokal dan tokoh masyarakat, khususnya perempuan. Informasi lebih lanjut. 
FOCUS #4. Kesehatan Ibu dan Anak (Maternal and Child Health)

Setidaknya 7 juta anak di bawah usia lima tahun meninggal setiap tahun karena kekurangan gizi, perawatan kesehatan yang buruk dan sanitasi yang tidak memadai. Untuk membantu mengurangi tingkat ini, kami menyediakan imunisasi dan antibiotik untuk bayi, meningkatkan akses ke layanan medis penting dan mendukung menyediakan layanan kesehatan yang terlatih untuk ibu dan anak-anak. Proyek-proyek kami menjamin keberlanjutan dengan memberdayakan masyarakat setempat untuk mengambil program pelatihan perawatan kesehatan. Informasi lebih lanjut.
FOCUS #1. Pencegahan, Perdamaian dan Konflik/Resolusi (Peace and Conflict Prevention / Resolution)

42 juta orang mengungsi akibat konflik bersenjata atau penganiayaan dan 90% dari korban konflik bersenjata adalah warga sipil, setengah dari mereka anak-anak. Melalui proyek pelayanan, persahabatan dan kampanye Rotary lainnya, anggota melatih para pemimpin muda untuk mencegah dan menengahi konflik dan membantu pengungsi di daerah berbahaya. Anggota juga mengejar proyek-proyek untuk mengatasi penyebab struktural dari konflik, termasuk kemiskinan, ketimpangan, ketegangan etnis, kurangnya akses ke pendidikan, dan distribusi sumber daya yang tidak merata. Informasi lebih lanjut.
FOCUS #3. Air dan Sanitasi (Water and Sanitation)

Lebih dari 2,5 miliar orang tidak memiliki akses ke fasilitas sanitasi yang memadai. Setidaknya 3.000 anak meninggal setiap hari karena penyakit diare yang disebabkan oleh air yang tidak aman. Proyek-proyek kami memberikan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan dan memelihara sistem air dan sanitasi yang berkelanjutan dan studi dukungan terkait dengan air dan sanitasi. Informasi lebih lanjut.

INTERACT

interact

ROTARACT

rotaract

RYLA

ryla

RYE

yep